Selasa, 29 Oktober 2013

LIMA HARI LAGI DPT DITETAPKAN

Penyelenggara Pemilu harus bekerjasama dan saling mendukung satu sama lain sampai level tingkat bawah untuk memerbaiki DPT yang waktunya tersisa hanya beberapa hari lagi. Waktu yang tinggal lima hari lagi ini, harus digunakan sebaik mungkin sebelum tanggal penetapanya,tanggal 4 November 2013 nanti. Diharapkan semua pihak harus bergerak dangan cepat, koordinatif, dan kooperatif, mulai dari partai politik, panitia pengawas, bahkan panitia pemungutan Suara, Panitia Pemilih Kecamatan (PPK), Komisi Pemilihan Umum kabupaten atau kota, ungkapan anggota Bawaslu, Nasrullah.
Mereka yang ada  di level bawah sekarang harus bisa memastikan keberadaan warga di DPT, apakah sudah
memenuhi persyaratan untuk memilih.
DPT sudah bisa didapatkan saat ini tetapi penetapan DPT nasional Pemilu 2014 ditunda KPU pada hari Rabu (23/10/2013) atas rekomendasi bawaslu dan diperkuat aspirasi pimpinan parpol.
Diharapkan nantinya sebelum DPT sebelum di ketok palu (disahkan),masalah -masalah yang berkaitan dengan DPT ini sudah dapat diselesaikan. Jadi sebelum ditetapkan, partai politik diharapkan mendapatkan salinan DPT terkini, agar partai politik dapat membantu mengindentifikasi masalah-masalah yang tersisa. Parpol bisa membandingkan DPT terakhir yang mereka pegang dari salinan DPT yang diberikan KPU.
Parpol diharuskan bersungguh-sungguh untuk mencermati dengan menunjukan data yang bermasalah secara konkret kepada KPU. Jangan nantinya protes pada waktu tahapan pemilu sudah masuk ke tingkat selanjutnya.
KPU nantinya akan memberikan salinan DPT ke parpol dan menyakini parpol telah menerima salinan DPT dari KPU kabupaten/ kota.
Dan untuk pengadaan logistik pemilu,sementara ini tidak terganggu karena adanya penundaan tersebut. Akan tetapi kalau diundur lagi dapat mengganggu pesiapan (logistik) pemilu. Karena jumlah logistik mengacu pada DPT. Jadi, sebelum tanggal 14 November DPT harus sudah diketahui jumlahnya agar dapat segera mepersiapkan logistik pemilu.
Panwaslu Sleman hari ini, meminta kepada jajaran di bawahnya untuk menyelesaikan laporan pengawasan pencermatan DPT. Karena hari ini, Rabu (30 /10) akan ada supervisi dari Bawaslu. Semoga Panwascam telah mempersiapkanya tinggal mengisi data yang diperlukan pada form yang telah diberikan Panwaslu pada saat rakor pada hari Sabtu (26/10/2013) kemarin.(Ds)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar