Senin, 07 Januari 2013


Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan rapat pleno terbuka  pada Senin sore (7/1) untuk mengumumkan hasil verifikasi faktual terhadap 34 partai politik calon peserta Pemilu 2014, di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol Nomor 29.
                     
Namun, sesaat sebelum pembukaan rapat pleno yang dilakukan oleh Ketua KPU Husni Kamil Manik, para perwakilan partai politik melakukan berbagai macam interupsi sehingga pembukaan sempat tersendat beberapa saat lamanya.

Beberapa perwakilan partai poltik yang melakukan protes terkait proses verifikasi faktual yang dilakukan hingga tingkat kabupaten/kota. Menurut mereka proses verifikasi tidak sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan. Selain itu, beberapa parpol yang tidak awalnya tidak lolos verifikasi administrasi juga memprotes singkatnya waktu yang diberikan kepada mereka untuk melaksanakan verifikasi faktual.

“Kami akan jawab semua pertanyaan dan keberatan saudara setelah membacakan hasil verifikasi faktual di seluruh provinsi di Indonesia. Kan semua sudah terjadwal dan ada masing-masing jadwalnya,” ujar Husni, yang mencoba menenangkan situasi hingga akhirnya pembukaan dapat dilakukan.

Setelah pembukaan, masing-masing KPU Provinsi mengumumkan partai mana saja yang lolos di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Dari hasil pengamatan sementara, hampir semua partai yang duduk di Senayan saat ini lolos dari hasil verifikasi faktual untuk tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Dalam rapat pleno terbuka tersebut, hadir Ketua Bawaslu Muhammad, Pimpinan Bawaslu Nasrullah, Endang Wihdatiningtyas, dan Daniel Zuchron, serta Anggota Bawaslu Provinsi/Panwaslu Provinsi. Sementara itu, hingga pukul 23.00 WIB, KPU belum bisa mengumumkan nama-nama parpol yang lolos dalam verifikasi faktual. Hal tersebut dikarenakan, seluruh partai masih memberikan pendapat dan keberatannya terhadap hasil verifikasi. [FS] Sumber: Bawaslu RI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar